Minggu, 19 April 2009

TIPS KEUANGAN BUAT MAHASISWA KOS….

1. PAKAI LAH DOMPET.
Dengan adanya dompet qt bisa mengetahui jumlah uang qt sebelum maupun sesudah qt membeli sesuatu.
2. PUNYA BUKU TABUNGAN.
Dengan qt memiliki tabungan maupun Celengan, qt bisa menyisakan uang saku, sehingga tidak banyak-banyak dalam hal pengeluaran serta bisa dipakai untuk jaga-jaga bila perlu uang dan tidak mintak lagi ke ortu qt.
3. PIKIR-PIKIR DULU SEBELUM MEMBELI SESUATU.
Cenderung mahasiswa sering membeli barang-barang yang tidak sebegitu penting untuk di beli, malahan mereka sering menyesal setelah baru sadar kalu barang yang dibeli tidak ada gunanya.
4. MAKAN SEADANYA.
Biasanya mereka cenderung membeli makan yang bisa dikatakan Murah- Meriah, malahan ada yang membawah bekal HIDUP mereka dari rumah,seperti:
beras ataupun lauk-pauk yang bisa bertahan lama.
5. JANGAN SERING-SERING MAKAN DI MAL.
Biasanya setelah kuliah usai, mahasiswa sering JJL di mal-mal. Bahkan tidak segan-segan untuk menghabiskan uangmereka membeli makan yang ada pajaknya, hanya menuruti gengsi.
6. BELI PULSA Rp 10.000-Rp 25.000. 
Sapa sih yang gak punya Handphone?pasti semua orang termasuk mahasiswa pasti punya handphone. Pasti kalau kita memerlukannya untuk komunikasi ama teman,pacar,bahkan Keluarga yang jauh disana. Kalau kita membeli pulsa yang Rp 5ribu, pasti dipakai sms pacar pasti da habis, jadi mending beli yang mahal tapi Awet.
7. BELI BUKU YANG MURAH DAN TERJANGKAU.
Kuliah pasti kita membutuhkan buku untuk belajar. Nah, buat menekan pengeluaran, ada baiknya kita Fotocopy ,beli buku second atau kalau gak gengsi, pinjam buku lama milik kakak kelas kita.

8. SIMPAN BAIK-BAIK UANG KEMBALIAN(RECEHAN...)
Biasanya sering dipandang sebelah mata oleh mahasiswa uang recehan tapi kita memang membutihkan. Kita bisa ngambil contoh begini, Kita beli bolpoon yang harganya Rp 1.300, terus uang kita ada Rp 5.000, kalau kita punya uang Rp 3.00 kan bisa dipakai buat tambahan beli tanpa memecah unag Rp 5.000.
9. BELI BAJU.
Kalau ingin beli baju, usaha jangan pakai bayar uang kost. Kiat bisa menabung tiap minggu kalau kita mendapatkan kiriman uang oleh orang tua kita.
10. PERALATAN MANDI.
Untuk membeli peralatan mandi dan sebagainya, ada baiknya kita membelinya 1 bulan sekali karena kalau kita membelinya satu-satu, cenderung pengeluaran tambah boros. Terus ada alternatif lain untuk membeli barang yang banyak, kita bisa membelinya di Supermarket yang sudah ada di tiap-tipa wilayah.
10. TEMPAT MAKAN.
Usahakan kita mencari tempat makan yang memang pas dengan selerah kita sertaharganya terjangkau. Dan pastikan kalau harganya sesuai dengan kantong qm.
11. BAYAR KOS.
Kalau bayar kos,usahakan On time, Biar ibu Kos ndak ngomel-ngomel. Serta kalau memang masih belum bisa bayar kos, ada baiknya kita mintak kelonggaran Waktu atau kompensasi waktu.
   


 

Tidak ada komentar: